Pages

Minggu, 26 September 2010

Tips Mengatasi Stress Pada Remaja

Solusi dan tips mengatasi stress pada remaja

JALAN keluar yang sebaiknya dilakukan untuk menghindari stres dengan cara yang benar, yakni berpikir positif. Misalnya jika mau ujian, pusatkan konsentrasi pada materi pelajaran saja. Jangan berpikir soal hasil dulu.“Kadang yang membuat kita kalah sebelum bertanding adalah rasa takut yang ada di benak kita, sehingga kita jadi tidak bisa benar. Kalaupun hasilnya belum maksimal jangan langsung drop atau kecewa. Lebih baik kita cari di mana kesalahannya daripada menyesali nasib,” kata Amelia


Solusi kedua, jelasnya, hadapi stres dengan baik dan benar. Caranya adalah dengan merenung sebentar sebelum tidur. Pikirkan masalah yang terjadi, lakukan evaluasi, kemudian coba cari solusinya.
Jangan pula lupa akan satu hal, jaga kondisi tubuh dengan optimal dengan olahraga secara teratur, serta makan makanan bergizi dan istirahat yang cukup.

Terakhir, banyaklah berdoa karena pada akhirnya yang menentukan suatu hasil adalah Tuhan.
Anak Juga Rentan
SETIAP orang, termasuk anak-anak yang hidup di dunia yang bergerak cepat, bersaing ketat, dan berubah-ubah ini pasti akan mengalami berbagai tekanan batin.
  
Mungkin, kehidupan anak nampaknya tidak mempunyai beban apa-apa dibandingkan kehidupan seorang pemimpin perusahaan. Namun anak-anak pun menderita karena tekanan-tekanan batin sebagaimana yang dialami oleh orang-orang dewasa. Hanya saja gejala-gejalanya yang berbeda.Jika para eksekutif menderita penyakit lambung, maka bagi seorang anak penyakit yang diderita akibat stres dapat muncul dalam berbagai bentuk, dari sering pilek sampai sulit membaca.

“Gejala-gejala yang nampak dalam kelakuannya biasanya termasuk tidak mau bergaul dan suka menyendiri, makin tidak mau berbicara, atau berlaku luar biasa agresif. Reaksi-reaksi fisik dapat berupa sering diare, gatal-gatal, gangguan pada kulit, perubahan kebiasaan makan, atau mimpi-mimpi buruk,” kata Amelia.

0 komentar:

Poskan Komentar