Pages

Rabu, 01 September 2010

Intel Siap Jelajahi Bisnis Smartphone

Intel tengah bersiap untuk mengakuisisi Wireless Division milik Infineon sebesar US$1,4 miliar. Kabar tersebut dikonfirmasikan langsung oleh Intel pada keterangannya.
Intel Siap Jelajahi Bisnis Smartphone
Intel menyebutkan, akuisisi ini dianggap perlu untuk membantu mereka tumbuh lebih cepat di teknologi chip smartphone. Saat ini, meski Intel juga ikut memiliki andil di industri tersebut, akan tetapi mereka bukanlah pemain utama.
“Permintaan pasar global akan solusi nirkabel tumbuh pada kecepatan yang luar biasa,” kata Paul Otellini, President and CEO Intel, pada keterangannya, 1 September 2010.
Akuisisi terhadap bisnis wireless Infineon, kata Otellini, akan memperkuat salah satu pilar dari strategi komputasi Intel – yakni konektivitas internet – dan memungkinkan Intel menawarkan portofolio produk yang mencakup berbagai pilihan wireless mulai dari WiFi, 3G, hingga Wimax dan LTE.
“Dengan semakin banyaknya perangkat yang terhubung ke Internet, Intel tentu ingin meraih pertumbuhan di setiap segmen komputasi, mulai dari laptop, perangkat genggam, dan seterusnya,” kata Otellini.
Intel memang sudah lama ingin seriusi pasar smartphone, dan akuisisi divisi wireless Infineon merupakan langkah menuju ke sana. Seperti diketahui, prosesor ARM sangat populer di kalangan smartphone dan sebagian besar produsen smartphone lebih memilih prosesor ARM. Kini akhirnya Intel dapat bersaing langsung dengan ARM.
Sebelumnya, Intel sudah memiliki prosesor Atom untuk smartphone dan tablet PC. Akan tetapi produk tersebut hanya diminati produsen netbook, sementara pembuat smartphone kurang menyukainya. Ini yang membuat akuisisi tersebut menjadi penting. Apalagi Infineon sendiri memiliki client yang cukup banyak di industri tersebut.
Chip berbasis 3G dan baseband processor milik Infineon sendiri memiliki reputasi yang baik di pasar. Chip-chip tersebut dapat ditemukan pada smartphone papan atas seperti jajaran Apple iPhone dan Samsung Galaxy S.

0 komentar:

Posting Komentar