Pages

Rabu, 01 September 2010

Nokia dan Intel Kerjasama Ponsel 3D

Pelan tapi pasti, Intel dan Nokia tengah mempersiapkan sebuah terobosan baru di dunia ponsel.
Kedua perusahaan besar ini bekerja sama dengan Finland University of Oulu, baru membuka sebuah fasilitas laboratorium gabungan untuk menyiapkan sebuah teknologi yang mampu membawakan pengalaman virtual reality ke dalam ponsel.
Riset akan menggunakan platform sistem operasi open source MeeGoo, yang diluncurkan Intel dan Nokia pada Februari lalu. Tujuan utamanya adalah mengembangkan antarmuka tiga dimensi (3D) dan virtual reality pada teknologi display yang telah ada, serta kemungkinan pengembangan citra hologram 3D bagi ponsel pintar.
Dengan teknologi ini, ponsel akan mampu memancarkan citra hologram 3D dari orang yang sedang berbicara di ujung telepon, yang hingga kini baru kejadian di film-film fiksi sains.
“3D dan dunia virtual berpotensi besar merevolusi cara orang menggunakan ponsel,” kata Mike Setala, Strategic Alliances and Partnership Director, Nokia, kepada situs Computerworld.
Salah satu aplikasi awal yang akan dikembangkan, adalah panel kontrol virtual ponsel untuk mengendalikan saklar lampu dan pemanas di rumah.
Menurut Heikki Huomo, Director of  Center for Internet Excellence, Finland University of Oulu, riset ini tidak bertujuan untuk membuat pengalaman 3D yang hanya bisa dinikmati oleh kacamata khusus, karena layar ponsel tidak akan memenuhi persyaratan fisik yang dimiliki layar 3D berukuran besar.
Kemungkinan lain dari aplikasi ini, menurut Huomo, menciptakan jejaring sosial dalam dunia virtual untuk ponsel yang memanfaatkan GPS dan informasi lokasi pengguna. “Ini akan menjadi ‘killer app’ atau setidaknya merupakan sebuah kesuksesan,” kata Heikki Huomo.
Pusat riset ini akan disokong oleh sekitar dua lusin peneliti yang setidaknya akan bekerja selama tiga tahun untuk menggodok proyek ini.
Director of Intel Lab Eropa, Martin Curley mengatakan bahwa fokus dari riset ini adalah pengembangan software open source yang akan melengkapi chip-chip besutan Intel.
Menurut Jack Gold, analis utama pada J.Gold Associates, pusat penelitian ini merupakan peluang awal bagi Nokia dan Intel untuk mengembangkan sistem operasi MeeGo.
3D bisa menjadi kebutuhan yang begitu penting bagi sebuah peranti mobile berukuran yang lebih lebar, seperti komputer tablet, atau setidaknya ponsel pintar.

0 komentar:

Posting Komentar