Pages

Minggu, 01 Agustus 2010

Jangan Terlalu Mencintai Seseorang

Skala cinta dalam sebuah hubungan asmara tidak selalu seimbang. Sering kali, seseorang merasa lebih ‘jatuh cinta’ daripada apa yang telihat. Ini sebenarnya tidak masalah, asal jangan terus-menerus menjadikan dia sebagai fokus obsesi.
Menurut Jennifer Oikle, Ph.D., seorang psikolog, mengatakan hubungan asmara yang awet mengharuskan masing-masing mitra pasangan cukup stabil dan level cintanya merata.
Jika Anda merasa terlalu berharap, terobsesi atau terlalu menggantungkan diri pada kekasih saat ini, cobalah untuk membuat hubungan yang lebih santai. Berikut empat caranya.
1. Berikan hati secara bertahap
Jangan langsung memberikan keseluruhan pikiran dan hati Anda padanya. Berikanlah secara bertahap, jatuh cinta itu membutuhkan proses. Pastikan Anda benar-benar mencintai dia sebagai seorang pribadi, bukan ide-idenya atau euforia yang diberikan olehnya.
2. Batasi pikiran tentang dia
Batasi ruang mental Anda untuk tidak memikirkan dia sepanjang waktu. Ini bisa menciptakan kebiasaan dan bukan tidak mungkin menjadi obsesi. Hal itu justru membuat hubungan tidak berjalan lancar.
3. Nikmati proses
Saat baru memulai hubungan jangan langsung membayangkan atau rencana muluk masa depan. Nikmati saja tiap proses peningkatan hubungan, Anda pun akan merasa kegembiraan tanpa beban rencana masa depan. Memang tidak ada salahnya bermimpi tapi jangan sampai jadi obesesi yang justru membuat hubungan yang sedang berjalan menjadi beban.
4. Tetap aktif dalam pergaulan
Setelah memiliki kekasih, jangan langsung mengurangi atau mundur dari pergaulan. Tetaplah lakukan aktivitas seperti ketika masih melajang. Berkumpul dengan teman-teman, melakukan hobi atau jalan-jalan tanpa mengajak dirinya. Tiap orang membutuhkan keseimbangan. Sediakan waktu untuk diri sendiri, jangan sampai hidup Anda selalu bergantung pada dirinya.

Sumber : Harian Berita

0 komentar:

Posting Komentar