Pages

Rabu, 24 November 2010

Baterai yang cukup di-chas dalam beberapa detik

Para insinyur di MIT berhasil membuat tipe baru dari baterai lithium-ion yang cukup di-chas dalam waktu 10 sampai 20 detik saja.

Dengan memikirkan teknik pemprosesan material baru, Professor Gerbrand Ceder dam timnya membuat prototipe baterai lithium iron phosphate yang dapat di-chas sekitar dua puluh kali lebih cepat dibanding baterai yang ada sekarang.

Baterai lithium yang ada sekarang memiliki densitas (kepadatan) energi yang tinggi tapi rata-rata memiliki daya listrik yang lambat, hal ini dikarenakan baterai lithium yang ada sekarang hanya dapat di-chas ketika ion-ion lithium tepat sebaris dengan tembusan mikroskopik yang terdapat di material baterai.

Profesor Ceder dan timnya memikirkan cara untuk mengatasi masalah bagaimana caranya membuat struktur permukaan baru yang akan memungkinkan ion-ion lithium bergerak cepat pada bagian luar material, seperti jalan lingkar.

Dengan tes yang lebih jauh terlihat bahwa tidak seperti material baterai lainnya, material baterai baru tidak secara signifikan mengalami penurunan kualitas ketika berulang kali di-chas.

"Kemampuan untuk men-chas baterai dalam hitungan detik dibanding hitungan jam akan membuka penerapan teknologi baru dan mempengaruhi perubahan gaya hidup," ungkap Ceder.

Karena material yang digunakan tidak baru - para peneliti hanya merubah cara pembuatannya - Ceder percaya pembuatan baterai yang bisa di-chas dalam waktu cepat akan segera rampung dan diperkirakan dalam waktu dua atau tiga tahun lagi dijual bebas di pasaran.

Sumber : EraKomputer

0 komentar:

Posting Komentar